3 Kaidah yang Harus Dipenuhi dalam Kegiatan Outbound

December 31, 2020
News

Sebuah kegiatan dikatakan outbound jika aktivitas tersebut tidak biasa dilakukan oleh peserta. Hal ini tentu akan berbeda-beda tergantung siapa yang menjadi peserta. Contohnya, trekking di pegunungan merupakan aktivitas outbound bagi para pegawai kantor di perkotaan tetapi bukan kegiatan outbound lagi jika dilakukan oleh para petani yang tiap hari bekerja naik turun di pegunungan.

#2 Mangandung resiko.

Dalam kegiatan yang dilakukan harus memiliki kemungkinan-kemungkinan terjadinya resiko. Baik dari tantangan medan, cuaca atau dari desain simulasi game yang diberikan. Akan tetapi resiko ini yang harus diantisipasi, diminimalisir, dan dikendalikan.

Oleh sebab itu pemandu outbound wajib memiliki pengetahuan dan pemahaman cukup tentang standart keamanan dan keselamatan (safety procedure) dan menerapkannya dalam setiap aktivitas.

#3 Penuh dengan ketidakpastian.

Sebuah aktivitas bisa dikatakan outbound jika mengandung ketidakpastian. Oleh sebab itu outbound dilaksanakan di alam yang tidak bisa diketahui secara pasti kemungkinan-kemungkinan apa yang akan terjadi. Di tengah kegiatan bisa tiba-tiba terjadi hujan, panas, tidak ada air dan sebagainya.

Artinya ketidakpastian ini tidak akan ditemui ketika kegiatan dilaksanakan di dalam ruangan yang nyaman dan semua fasilitas tersedia. Hal ini sesungguhnya mengacu pada sejarah awal diperkenalkan metode outbound yang salah satunya bertujuan untuk membentuk individu yang mampu beradaptasi dengan lingkungan yang dinamis.

Jika outbound memiliki ketiga kaidah tersebut, maka sangat besar kemungkinan mampu memberikan insight atau pembelajaran baru bagi peserta. Pastinya harus didukung dengan elemen-elemen lain yang saling terkait dan mendukung. Misalnya skill fasilitator, trainer, dan seluruh tim yang terlibat, desain kegiatan yang sesuai kebutuhan peserta, profesionalitas, integritas, dan lain sebagainya.

Di samping itu, dengan mengetahui beberapa hal di atas diharapkan bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi teman-teman pengguna jasa outbound sehingga lebih tepat dalam menentukan pilihan saat akan menjalankan kegiatan.

Tentu sekaligus mengikis kesalahpahaman atau pergeseran makna yang terlanjur berkembang di tengah masyarakat.

Untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut terkait program outbound sesuai dengan kebutuhan instansi atau perusahaan anda, silahkan hubungi: wa.me/6281232004913

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *